Semiotic Analysis on Television Advertisement of Coca Cola “Reason To Believe Indonesia Version”
Main Author: | Ayu, SeniaPuspita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/100652/1/THESIS.pdf http://repository.ub.ac.id/100652/ |
Daftar Isi:
- Iklan merupakan salah satu media untuk menyampaikan pesan kepada orang lain dengan tujuan mempengaruhi agar mereka menggunakan produk tersebut. Semiotik digunakan untuk menciptakan korelasi antara elemen-elemen dalam iklan. Penulis menggunakan iklan Coca Cola " Reason to Believe : Indonesian Version” sebagai subjek yang akan dianalisis menggunakan studi semiotic berdasarkan teori dari Peirce. Pendekatan semiotik yang digunakan dalam menginterpretasi tanda, simbol, ikon, dan index yang terdapat dalam iklan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mencari: (1) tanda semiotik apa saja yang tedapat pada iklan Coca Cola di televisi dan (2) menginterpretasikan tanda semiotik yang ada dalam iklan Coca Cola di televisi. Studi ini adalah studi kualitatif dalam bentuk analisa tekstual. Data dari penelitian ini adalah 20 adegan yang ditayangkan di televisi. Hasil dari penelitian ini adalah setiap iklan Coca Cola “ Reason to Believe : Indonesian Version” mengandung tanda semiotik seperti tanda, simbol, ikon, dan index. Terdapat 20 simbol, 46 ikon dan 26 index. Ikon paling banyak ditemukan dibanding simbol dan index. Tulisan ditemukan sebagai simbol yang terdapat pada hampir di semua adegan. Tulisan digunakan untuk memperjelas kondisi di setiap adegan. Saran ditujukan kepada peneliti selanjutnya untuk memilih tanda pada iklan, dimana iklan tersebut berasal dari sumber yang lain seperti radio, koran, atau internet sehingga dapat memberikan hasil yang bervariasi. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan metode penelitian yang lain guna mengetahui intrepretasi orang lain terhadap suatu sumber iklan.