A Study on Language Learning Strategies of the XI Grade Students in Advanced and Regular Class of Natural Science Program at SMAN 1 Dampit
Main Author: | Antika, MaulidaM |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/100634/1/SKRIPSI-_PDF.pdf http://repository.ub.ac.id/100634/ |
Daftar Isi:
- Bahasa Inggris merupakan bahasa yang memiliki peranan penting dan hal ini membuat pemerintah Indonesia menetapkan Bahasa Inggris sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah untuk meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam berbahasa Inggris. Penerapan keputusan pemerintah tersebut dengan membuat Sekolah Standar Nasional (SSN) yang memiliki program kelas unggulan dan kelas reguler. Program ini membagi siswa berdasarkan kemampuan mereka dan Bahasa Inggris memiliki peranan penting dalam proses belajar. Untuk mensukseskan belajar Bahasa Inggris, pelajar perlu tahu strategi pembelajaran bahasa guna meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mereka. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran Bahasa Inggris pada siswa kelas XI untuk program kelas unggulan dan kelas reguler di Jurusan IPA SMAN 1 Dampit. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif karena penelitian ini menguji fenomena secara terperinci. Subyek dalam penelitian ini adalah 140 siswa kelas XI jurusan IPA yang terbagi menjadi 27 siswa dari kelas unggulan dan 113 siswa dari kelas reguler di SMAN 1 Dampit. Data tersebut diperoleh dari angket SILL yang diisi oleh siswa kelas unggulan dan reguler. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran bahasa di kelas unggulan dan kelas reguler sangat berbeda. Siswa kelas unggulan lebih sering menggunakan strategi kognitif dan siswa kelas reguler cenderung menggunakan strategi kompensasi. Kelas unggulan memiliki nilai rata-rata paling tinggi dalam menggunakan strategi pembelajaran bahasa dari pada kelas reguler. Perbedaan nilai rata-rata keseluruhan antara kelas unggulan dan kelas reguler dipengaruhi oleh perbedaan sistem pengajaran untuk kedua kelas tersebut. Perbedaan ini bisa diakibatkan karena perbedaan system pengajaran dan pengaruh siswa sendiri seperti motivasi atau lingkungan siswa. Kesimpulannya perbedaan sistem pengajaran dapat mempengaruhi penerapan strategi pembelajaran bahasa. Dengan mengetahui strategi belajar bahasa para siswa, para guru dapat memberikan pelatihan strategi pembelajaran bahasa yang sesuai untuk siswa untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisn