The Application of Language Learning Strategies Used by Students of General English Class of International Language Programs (ILP) Kediri and Their Correlation with Academic Achievement
Main Author: | Martinez, Diana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/100625/1/THESIS_-_DIANA_MARTINEZ_-_0911110142.pdf http://repository.ub.ac.id/100625/ |
Daftar Isi:
- Mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa asing tidak semudah mempelajari bahasa pertama dan kedua karena banyaknya perbedaan antara bahasa asing, bahasa pertama, dan bahasa kedua yang menyebabkan masalah dalam proses pembelajaran. Dalam mempelajari bahasa asing, dibutuhkan strategi untuk membantu para pelajar. Dengan menggunakan strategi tersebut, proses pembelajaran akan menjadi lebih efektif. Karena tujuan siswa kursus bahasa Inggris adalah meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan mengaplikasikan strategi pembelajaran, studi ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran bahasa yang diaplikasikan oleh mereka dan korelasinya antara aplikasi strategi pembelajaran bahasa dan pencapaian akademik. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan survei berkaitan dengan studi korelasi. Subjek dari studi ini adalah 46 siswa dari 201 siswa kelas General English International Language Programs Kediri yang diambil secara acak. Data studi ini didapat dari kuesioner SILL yang diisi oleh para siswa dan nilai akademik mereka pada akhir level. Hasil studi ini mengungkapkan bahwa pengaplikasian strategi pembelajaran bahasa berada pada level sedang, yang berarti para siswa terkadang menggunakan strategi pembelajaran. Secara spesifik, metakognitif merupakan strategi yang paling sering digunakan, diikuti oleh strategi sosial, afektif, kompensasi, kognitif dan memori. Ditemukan sebuah korelasi positif rendah antara metakognitif dan sosial strategi dengan pencapaian akademik. Alasan yang mendasari korelasi rendah tersebut disebabkan oleh konteks penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa asing di Indonesia. Sebagai saran, diharapkan para pengajar dapat mengenalkan dan menekankan strategi pembelajaran bahasa pada para siswa, terutama strategi metakognitif dan sosial untuk pencapaian akademik yang lebih baik.