The Application of Language Learning Strategies and their Correlation with Students’ Achievement (A Study on Ten Grades Students of Acceleration Class, Senior High School 5, Malang)
Main Author: | Rachmawati, DwitaLaksmita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/100582/1/DWITA_LAKSMITA_RACHMAWATI.pdf http://repository.ub.ac.id/100582/ |
Daftar Isi:
- Di Indonesia, khususnya di Malang, orang mulai belajar bahasa Inggris dalam rangka meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Belajar Bahasa Inggris berbeda dengan belajar bahasa ibu. Mereka harus belajar kata-kata yang sama sekali berbeda dalam ejaan, pengucapan dan tata bahasa. Jadi, untuk membuatnya lebih mudah, strategi pembelajaran bahasa diperlukan. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti tentang tingkatan dan korelasi antara 6 kategori strategi pembelajaran bahasa pada siswa kelas sepuluh akselerasi, SMA Negeri 5, Malang dengan prestasi bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berkaitan dengan analisis statistik. Para subyek yang diselidiki adalah 60 siswa kelas sepuluh program akselerasi, SMA Negeri 5, Malang. Data diperoleh dari kuesioner SILL yang diisi oleh para siswa dan nilai rapor semester pertama. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran bahasa secara keseluruhan berada pada tingkat menengah. Strategi social adalah strategi yang paling sering digunakan oleh siswa, diikuti oleh strategi memori, kognitif, afektif, metakognitif, dan kompensasi. Terdapat korelasi positif antara strategi metakognitif dan prestasi bahasa Inggris yang berada pada tingkat menengah. Korelasi menengah dapat diketahui dengan melihat konteks karena bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa asing di Indonesia. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa kelas sepuluh akselerasi adalah pengguna strategi pembelajaran bahasa yang secara keseluruhan berada pada tingkat menengah. Strategi metakognitif adalah strategi yang berkorelasi dengan prestasi siswa. Oleh karena itu, guru kelas akselerasi harus memperkenalkan dan mengajarkan tentang strategi metakognitif untuk siswa mereka dalam rangka meningkatkan prestasi bahasa Inggris. Peneliti juga menyarankan kepada pembaca, khususnya pelajar untuk mengaplikasikan strategi metakognitive karena strategi tersebut dapat meningkatkan kemampuan bahasa.