The Application Of Language Learning Strategies And Their Relationship With English Proficiency: A Study At International Undergraduate Program Of Faculty Of Economics And Business University Of Bra

Main Author: Nuril, FAY
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/100523/1/051204339.pdf
http://repository.ub.ac.id/100523/
Daftar Isi:
  • Di Indonesia, pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing tidaklah semudah mempelajari bahasa Indonesia. Beberapa masalah yang timbul antara lain perbedaan kosa kata, peraturan kebahasaan, sistem penulisan, pengejaan dan pengucapan kata. Untuk menjadi pelajar bahasa asing yang sukses, diperlukan strategi pembelajaran bahasa untuk meraih kesuksesan pembelajaran dan kecakapan bahasa yang diinginkan. Peranan penting tersebut diperlukan oleh para mahasiswa internasional dimana bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa pengantar dalam kehidupan akademis mereka. Studi ini bertujuan untuk menginvestigasi penerapan strategi pembelajaran bahasa dan menyelidiki hubungan antara strategi pembelajaran bahasa dan kecakapan bahasa Inggris. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang terkait dengan survei penelitian korelasi. Objek yang diteliti adalah 73 mahasiswa program internasional tahun akademik 2012 Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Brawijaya yang diambil secara acak. Data yang diteliti didapatkan dari hasil kuesioner SILL dan nilai TOEFL. Hasil studi menunjukkan bahwa pengaplikasian strategi pembelajaran bahasa berada pada level sedang. Kemudian, jika dilihat secara spesifik, kategori strategi pembelajaran bahasa yang paling banyak digunakan adalah strategi metakognitif yang diikuti oleh strategi kompensasi, afektif, sosial, kognitif, dan memori. Adanya hubungan signifikan yang rendah dan positif ditemukan antara strategi kompensasi dan kecakapan bahasa. Rendahnya hubungan antara kedua variable tersebut dapat dijelaskan dengan melihat konteks dimana di Indonesia bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa asing Kesimpulan dari studi ini adalah mahasiswa internasional adalah pengguna strategi pembelajaran bahasa yang berada dalam level sedang. Strategi pembelajaran bahasa yang paling banyak digunakan adalah strategi metakognitif dan ada hubungan yang rendah dan positif antara strategi pembelajaran bahasa dan kecakapan bahasa. Maka dari itu, para dosen di Program Internasional dapat lebih mendorong aplikasi dari strategi pembelajaran bahasa ke level yang lebih tinggi, terutama strategi kompensasi demi kesuksesan para mahasiswa internasional.