Realitas Sosial dan Kritik Sosial dalam Novelet Kappa Karya Ryuunosuke Akutagawa
Main Author: | Fauziyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/100410/1/051200489.pdf http://repository.ub.ac.id/100410/ |
Daftar Isi:
- Kritik sosial banyak dijumpai dalam karya sastra sebagai gambaran terhadap fenomena-fenomena sosial yang terjadi di masyarakat. Novelet merupakan salah satu jenis sastra yang berisi tentang gambaran kehidupan manusia. Sastrawan sebagai pribadi yang berada di tengah-tengahnya berusaha memaparkan dan merangkum semua peristiwa itu ke dalam karya sastra yakni dalam novelet. Melalui cerita dan tokoh sastrawan berusaha mengungkap realitas dalam masyarakat serta menyampaikan kritik sosialnya. Dari realitas-realitas tersebut banyak memuat kritik sosial. Kritik tersebut didasarkan pada suatu keadaan yang tidak berjalan sebagaimana mestinya, seperti adanya ketimpanganketimpangan sosial. Salah satu karya sastra yang sarat mengungkapkan tentang kritik-kritik sosial di dalam ceritanya ialah novelet Kappa, yang dikarang oleh pengarang muda Jepang di era Taisho bernama Ryuunosuke Akutagawa. Penelitian ini membahas tiga rumusan masalah dalam novelet Kappa yaitu dalam bentuk kritik sosial terhadap (1) Ketidakadilan, (2) Politik dan ekonomi, dan (3) Dekadensi moral, yang diungkapkan Ryuunosuke Akutagawa dalam karyanya berjudul Kappa. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan pendekatan sosiologi sastra untuk mendeskripsikan fenomena yang terjadi di Jepang pada era demokrasi Taisho melalui kritik sosial dalam novelet Kappa. Hasil studi menunjukkan bahwa pada era demokrasi Taisho, Jepang mengalami perubahan modernisasi yang luar biasa, sehingga Jepang pada saat itu telah disejajarkan dengan Negara-negara Eropa dan Amerika. Nilai-nilai kebudayaan dan ide-ide politik dari Barat serta paham Liberalisme juga telah berkembang secara pesat dan menjadi hal yang umum bagi sebagian besar masyarakat Jepang pada saat itu.