Word Choices of Headline in High End Teen and High End Magazines
Main Author: | MarisaDikaKristiani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/100344/1/051003099.pdf http://repository.ub.ac.id/100344/ |
Daftar Isi:
- Majalah adalah salah satu bentuk komunikasi tertulis dalam menyampaikan informasi pada pembaca. Sebagai bentuk dari komunikasi tertulis, majalah sebaiknya memperhatikan siapa target pembaca, baik itu remaja maupun dewasa. Perbedaan target pembaca majalah tersebut menjadi topik yang menarik untuk diulas. Sehubungan dengan fenomena bahasa dan umur, penulis berkeinginan untuk mendiskusikan dan menganalisis perbedaan pemilihan kata dari segi pembaca, dalam hal ini judul dari majalah remaja dan dewasa. Sebagai tambahan, penulis juga berkeinginan untuk menganalisis perbedaan dari kedua majalah tersebut dari sisi teori tingkatan umur. Dalam menganalisis data, penulis melakukan pendekatan secara kualitatif dan analisa tekstual. Untuk mengklasifikasikan tiap kata dalam judul ke dalam pengelompokan kata, penulis mengakumulasi tiap pengelompokan kata ke dalam prosentasi. Dalam mengkaji rumusan masalah, penulis mendapatkan 28 judul dari Majalah High End Teen dan 26 judul dari Majalah High End yang diterbitkan secara bulanan mulai dari Pebruari sampai Mei 2010. Pengkajian ini juga telah membandingkan antara judul majalah remaja dan dewasa serta beberapa kemungkinan penyebab dari perbedaan tersebut. Untuk menarik perhatian pembaca, judul artikel sebaiknya dibuat kreatif dan disesuaikan dengan bahasa si pembaca. Dari judul artikel majalah remaja, dapat diketahui bahwa terdapat beberapa bahasa informal seperti kata-kata slang dan pemakaian kata simbol. Di sisi lain, sebagian besar judul artikel majalah dewasa menggunakan bahasa resmi atau yang biasa dikenal sebagai standard bahasa Inggris. Sebagai saran bagi peneliti selanjutnya, penulis menyarankan untuk meneliti di bidang bahasa dan umur, sehingga mereka dapat mengaplikasikan dan menganalisis dari aspek yang lain, seperti gaya menulis dan gaya berbicara antara remaja dan dewasa.