Analisis Keunggulan Perusahaan Keluarga Menggunakan Pendekatan DNA Growth Family Businesses (Studi Kasus Pada PT. Kanaya)
Main Author: | Aldityo, Tri Kharisma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/10029/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi inti bisnis keluarga pada PT.Kanaya di DKI Jakarta yang dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan November 2017. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan mengetahui keunggulan bersaing dan bagaimana posisi PT.Kanaya dengan kompetitor-kompetitor terdekat nya agar nantinya perusahaan dapat mengembangkan perencanaan strategis kedepannya. Alat analisis yang digunakan yaitu VRIO Framework dengan pendekatan DNA Growth Family Businesses untuk mengetahui kompetensi inti perusahaan dan Competitive Profile Matrix (CPM) untuk perbandingan faktor kunci dari hasil analisis VRIO dengan kompetitor terdekat nya. Dapat ditarik kesimpulan bahwa dari hasil analisis VRIO dengan pendekatan DNA Growth Family Businesses dan CPM PT.Kanaya memiliki 20 keunggulan perusahaan yang di generalisasi lagi menjadi 11 faktor kunci bagi perusahaan dan dari perbandingan yang dilakukan PT.Kanaya memiliki keunggulan yang tipis dibandingkan kompetitor nya. Agar dapat lebih unggul lagi PT.Kanaya harus membuat CSR yang lebih relevan dari operasi bisnis nya yang bergerak dibidang kelautan seperti budidaya hutan bakau dan karang. Perusahaan juga harus lebih meningkatkan preferensi yang ramah lingkungan dengan cara membangunun kapal berkonsep ecoship yang lebih efisien dan ramah terhadap lingkungan.