Pengaruh Pesan Iklan terhadap Minat Pembelian Konsumen (Survei pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Tahun Angkatan 2009-2011 yang Memilih Rokok S
Daftar Isi:
- Rokok Sampoerna A-Mild merupakan salah satu rokok yang terkemuka di Indonesia, Iklan televisi rokok Sampoerna A-Mild saat ini sangat merajalela diberbagai stasiun televisi. Iklan sebagai segala bentuk pesan suatu produk yang disampaikan lewat media, ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat. Iklan merupakan suatu alat komunikasi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk menyampaikan pesan tentang suatu produk yang ditawarkan melalui media komunikasi dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada calon konsumen dan diharapkan dapat mempengarui pemilihan dalam pengambilan keputusan. Periklanan merupakan bagian dari bauran promosi yang memiliki peranan penting terutama iklan yang menggunakan media televisi, hal ini dikarenakan televisi mendapat perhatian yang cukup tinggi dari pemirsanya, dapat menjangkau semua lapisan masyarakat, serta memberikan suatu informasi tentang keunggulan yang dimiliki produk tersebut melalui semua aspek yaitu suara, gerakan, musik, dan warna. Keberhasilan seorang pemasar yaitu dengan bagaimana pemasar dapat memberikan informasi yang jelas tentang produk dengan memberikan tampilan yang menarik melalui media televisi sehingga dapat mempengaruhi konsumen dalam minat untuk memebeli.. Tujuan utama dalam penelitian adalah: 1) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh Pesan Iklan, Isi Pesan, Struktur Pesan, Format Pesan, Sumber Pesan terhadap Minat Pembelian Konsumen, 2) Mengetahui dan menjelaskan Variabel Pesan Iklan, Isi Pesan, Struktur Pesan, Format Pesan, Sumber Pesan yang paling berpengaruh terhadap Minat Pembelian Konsumen. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang yang terletak di Jl. MT. Haryono No. 163 Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Survey serta metode penelitian yang dipakai adalah explanatory research . Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Tahun Angkatan 2009-2011 yang Memilih Rokok Sampoerna A-Mild. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik probability sampling yaitu jenis simple random sampling . Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Dalam menganalisi data menggunakan progam SPSS versi 17.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Isi Pesan (X 1 ), Struktur Pesan (X 2 ), Format Pesan (X 3 ), Sumber pesan (X 4 ) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Minat Pembelian Konsumen (Y) koefisien korelasi berganda (R) sebesar 0,669, dan persentase sebesar 66,9%. Dari hasil analisa regresi linier berganda, dapat diketahui nilai koefisien determinasi (adjusted R square) sebesar 0,425. Angka ini menunjukkan bahwa variabel Isi Pesan (X 1 ), Struktur Pesan (X 2 ), Format Pesan (X 3 ), dan Sumber Pesan (X 4 ) dapat menjelaskan variasi atau mampu memberikan kontribusi terhadap variabel Minat Pembelian Konsumen (Y) sebesar 42,5%, sedangkan sisanya sebesar 57,5% disebabkan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa variabel Format Pesan (X 3 ) merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap Minat Pembelian Konsumen (Y) sebesar 0,394. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) variabel isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Minat Pembelian Konsumen dan memiliki pengaruh secara parsial dari masing-masing variabel. 2) Variabel yang berpengaruh dominan terhadap minat pembelian konsumen adalah format pesan.