Analisis balanced scorecard sebagai alat pengukuran kinerja (studi kasus pada pdam kabupaten lumajang)

Main Author: Dhimas Bayu Saptarahadi, 1442520028
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.polinema.ac.id/45/1/1442520028_full_text.pdf
http://repository.polinema.ac.id/45/2/1442520028_open_access.pdf
http://repository.polinema.ac.id/45/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja perusahaan dengan menggunakan Balanced Scorecard sebagai alat ukur penilaian kinerja pada PDAM Kabupaten Lumajang. Data yang digunakan adalah data keuangan yaitu laporan realisasi anggaran tahun 2015-2017 dan non keuangan yaitu profil perusahaan, data karyawan dan data pelanggan PDAM Kabupaten Lumajang tahun 2015-2017. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif return on equity (ROE), rasio operasi, rasio kas, net profit margin (NPM), dan solvabilitas untuk mengukur kinerja perspektif keuangan, sedangkan customer retention (CR), number of new customer (NONC) dan indeks kepuasan pelanggan (IKP) untuk kinerja perspektif pelanggan. Selain itu, tingkat kehilangan air, efisiensi produksi, jam operasi layanan dan penggantian meter air dipergunakan untuk mengetahui kinerja perspektif bisnis internal, sedangkan retensi karyawan dan indeks kepuasan karyawan (IKK) untuk kinerja perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja PDAM Kabupaten Lumajang pada tahun 2015 adalah kurang sehat dengan nilai kinerja 2,7, sedangkan untuk tahun 2016 dan 2017 termasuk dalam kategori sehat dengan nilai kinerja lebih dari 3. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu manajemen PDAM Kabupaten Lumajang untuk dapat meningkatkan kinerja terutama dalam aspek keuangan pada tahun yang akan datang. Kata Kunci : Perspektif Bisnis Internal, Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, dan Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan.