Peningkatan Kemampuan Praktik Elektronika Mahasiswa Semester 2 Program Studi Pendidikan Teknik Elektro dengan Model Inquiri Terbimbing
Main Authors: | Prastyaningrum, Ihtiari, Kartikawati, Sulistyaning |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Sebelas Maret
, 2017
|
Online Access: |
https://jurnal.uns.ac.id/prosidingsnfa/article/view/4534 https://jurnal.uns.ac.id/prosidingsnfa/article/view/4534/3956 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan praktik elektronika pada mata kuliah Rangkaian Elektronika. Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada mahasiswa semester 2 Program Studi Pendidikan Teknik Elektro IKIP PGRI Madiun tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa sebanyak 20 mahasiswa. Penelitian dilakukan selama 2 bulan yaitu dari bulan April sampai dengan bulan Mei 2016. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dengan lembar check list untuk analisis data kualitatif berupa kemampuan praktik elektronika. Hasil penelitian yang diperoleh dari siklus I mahasiswa yang mampu menyusun rangkaian secara mandiri 10 mahasiswa atau 50%, sedangkan 7 mahasiswa atau 35% masih membutuhkan bimbingan dosen dalam beberapa hal yang bersifat penting, dan 3 orang mahasiswa atau 15% masih belum mampu menyusun rangkaian elektronika. Pada siklus II mahasiswa yang mampu menyusun rangkaian secara mandiri 15 mahasiswa atau 75%, sedangkan 4 mahasiswa atau 20% masih membutuhkan bimbingan dosen dalam beberapa hal yang bersifat penting, dan 3 orang mahasiswa atau 5% masih belum mampu menyusun rangkaian elektronika.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan model inquiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan praktik elektronika mahasiswa. Kata kunci: inquiri terbimbing, praktik elektronika