PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER DAYA ALAMSISWA SD NEGERI 70 KUTA RAJA BANDA ACEH

Main Author: Musdiani, Musdiani; STKIP Bina Bangsa Getsempena
Other Authors: STKIP BBG Banda Aceh
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh , 2018
Online Access: http://tunasbangsa.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/73
http://tunasbangsa.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/73/66
Daftar Isi:
  • Penerapan sistem pembelajaran yang monoton merupakan salah satu penghambat sertakendala yang muncul pada setiap proses pembelajaran. Ketidaktepatan dalam memilihmodel pembelajaran yang cocok untuk karakteristik siswa pada suatu tempatpembelajaran juga merupakan suatu kendala dalam proses pembelajaran. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui serta meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumberdaya alam di kelas III SD N 70 Kuta Raja Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakandalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalahsiswa kelas IIIB SD Negeri 70 Kuta Raja Banda Aceh yang berjumlah 22 orang. Penelitianini dimulai dengan pre test. Tujuan diadakan pre test yaitu untuk mengetahui kemampuanawal siswa sebelum dilakukan tindakan kelas. Hasil evaluasi pre test menunjukkan bahwahanya 7 (31,81%) orang siswa yang tuntas atau memenuhi KKM sekolah dengan nilai ratarata71,42.Sedangkan15(68,18%)orangsiswalagibelumtuntasdengannilairata-rata48,dannilairata-ratakelas55,45.SelanjutnyapenelitimelakukantindakanpadasiklusI.Hasilevaluasipadasiklus I ada 17 (77,27 %) siswa yang berhasil mencapai nilai KKM dengannilai rata-rata kelas sebesar 74,11, dan 5 orang siswa (22,72 %) belum mencapai nilai KKMdengan nilai rata-rata 56, dan nilai rata-rata kelas 70. Dengan demikian siswa kelas III SD Negeri Kuta Raja Banda Aceh telah mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-ratakelas sebesar 70. Dengan demikian peneliti tidak melakukan lagi tindakan pada siklus II.Kata Kunci: penerapan, model pembelajaran tgt, hasil belajarAbstractThe application of a monotonous learning system is one of the obstacles and obstacles that arise ineach learning process. Inaccuracy in choosing a learning model that is suitable for students'characteristics in a place of learning is also an obstacle in the learning process. This study aims to findout and improve student learning outcomes in natural resource material in class III SD N 70 KutaRaja Banda Aceh. The type of research used in this study is Classroom Action Research (CAR). Thesubjects of this study were 22 students in grade IIIB SD Negeri 70 Kuta Raja Banda Aceh. This studybegan with a pre test. The purpose of the pre-test is to find out the students' initial abilities beforeclass actions. The results of the pre-test evaluation showed that only 7 (31.81%) students completedor met the school KKM with an average score of 71.42. While 15 (68.18%) more students have not yetcompleted with an average value of 48, and the average grade is 55.45. Then the researcher took actionin cycle I. The results of evaluation in cycle I were 17 (77.27%) students who achieved the KKM scorewith a grade average of 74.11, and 5 students (22.72%) had not reached the value of KKM with anaverage value of 56, and the average grade of 70. Thus the third grade students of Kuta RajaElementary School Banda Aceh have achieved mastery learning with an average grade of 70. Thus theresearchers do not do any more actions on the cycle II.Keywords: application, learning model, learning outcomes