PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DI KELAS III SD NEGERI 70 KUTA RAJA BANDA ACEH

Main Authors: Fauziah, Resti; Mahasiswa PGSD STKIP Bina Bangsa Getsempena, Subhananto, Aprian; Dosen Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Bina Bangsa Getsempena
Other Authors: STKIP BBG Banda Aceh
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Percetakan Prima , 2016
Online Access: http://tunasbangsa.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/20
http://tunasbangsa.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/20/20
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam dengan menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament).Objek penelitian adalah siswa kelas IIIB SD Negeri 70 Kutaraja dengan jumlah 22 siswa. Instrumen penelitian ini berupa angket pengamatan aktivitas guru, angket partisipasi siswa, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa:rata-rata aktivitas guru 3,62, rata-rata Partisipasi siswa 3,12, dan hasil belajar mencapai KKM 65 sebanyak 77,27% sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran sumber daya alam di SD Negeri 70 Kutaraja Banda Aceh. Kata kunci: Teams Games Tournament, Hasil Belajar, Sumber Daya Alam