PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA MATERI ORGAN TUBUH MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN 4 BANDA ACEH

Main Author: Suarja, Zainal Abidin
Other Authors: STKIP BBG Banda Aceh
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Percetakan Prima , 2016
Online Access: http://tunasbangsa.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/1
http://tunasbangsa.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/1/1
Daftar Isi:
  • Beberapa guru sains masih berorientasi untuk menghabiskan materi pelajaran yang sangat padat pada kurikulum dari pada pelaksanaan pembelajaran yang bermakna akibatnya konsep yang dimiliki siswa terhadap materi pelajaran lemah, metode yang diterapkan masih konvensional, dan interaksi guru dan murid tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif melalui Metode Eksperimen dalam peningkatan prestasi belajar siswa, dan aktifitas guru dan siswa dalam model pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan bentuk Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 4 Banda Aceh yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Data hasil observasi dan tes dianalisis dengan menggunakan statistik deksrikptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif metode eksperimen dari siklus I sampai siklus III, hal tersebut mengindikasikan bahwa model pembelajaran tersebut efektif dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, aktivitas guru dalam pembelajaran telah mencerminkan pelaksanaan pembelajaran kooperatif metode eksperimen dibuktikan dengan hasil yang mencapai maksimal pada siklus terakhir walaupun reaksi yang didapat beragam dari setiap eksperimennya dan aktivitas siswa dalam pembelajaran juga telah mencerminkan pelaksanaan pembelajaran kooperatif metode eksperimen dengan efektif sehingga siswa dapat memahami konsep-konsep pembelajaran. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Metode Eksperimen, Prestasi Belajar Siswa, Organ Tubuh Manusia