PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN LANGUNG

Main Authors: Mulyadi, Mulyadi; STKIP Bina Bangsa Meulaboh, Fahreza, Febry; STKIP Bina Bangsa Meulaboh, Julianda, Rendi; STKIP Bina Bangsa Meulaboh
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Percetakan Prima , 2018
Online Access: http://visipena.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/191
http://visipena.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/191/179
Daftar Isi:
  • AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media audio visual yang dapat meningkatkan prestasi belajar pada pembelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Langung. Jenis penilitan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Langung yang berjumlah 24 orang. Prosedur penelitian ini menggunakan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus penrsentase (%). Adapun hasil penelitian ini adalah penggunaan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar IPS materi usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri Langung Kabupaten Aceh Barat. Pada siklus I yaitu sebesar 58,3% dan pada siklus II siswa yang memperoleh ketuntasan ada 83,3%. Dengan demikian, penggunaan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar pada pembelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Langung. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Media Audio Visual, Prestasi Belajar, IPS