PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN LANGUNG
Main Authors: | Mulyadi, Mulyadi; STKIP Bina Bangsa Meulaboh, Fahreza, Febry; STKIP Bina Bangsa Meulaboh, Julianda, Rendi; STKIP Bina Bangsa Meulaboh |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Percetakan Prima
, 2018
|
Online Access: |
http://visipena.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/191 http://visipena.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/191/179 |
Daftar Isi:
- AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media audio visual yang dapat meningkatkan prestasi belajar pada pembelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Langung. Jenis penilitan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Langung yang berjumlah 24 orang. Prosedur penelitian ini menggunakan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus penrsentase (%). Adapun hasil penelitian ini adalah penggunaan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar IPS materi usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri Langung Kabupaten Aceh Barat. Pada siklus I yaitu sebesar 58,3% dan pada siklus II siswa yang memperoleh ketuntasan ada 83,3%. Dengan demikian, penggunaan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar pada pembelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Langung. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Media Audio Visual, Prestasi Belajar, IPS