Pengaruh Pendekatan Penilaian dan Gaya Belajar Terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa

Main Author: Vioreza, Niken; STKIP Kusuma Negara
Other Authors: STKIP Bina Bangsa Getsempena
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Percetakan Prima , 2017
Online Access: http://visipena.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/148
http://visipena.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/148/146
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mencari pengaruh pendekatan penilaian dan gaya belajar terhadap motivasi berprestasi mahasiswa di STKIP Kusuma Negara pada mata kuliah Pengantar Statistik Pendidikan. Sampel terdiri dari 44 Mahasiswa yang diambil dengan cluster random sampling dan desain penelitian adalah eksperimen treatment by level 2 X 2 dengan analisis varian (ANAVA) dua jalan sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian adalah: (1) motivasi berprestasi mahasiswa yang tugas dan tes formatifnya dinilai menggunakan pendekatan penilaian acuan patokan (PAP) lebih tinggi dari pada pendekatan penilaian acuan norma (PAN), (2) terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan penilaian dan gaya belajar terhadap motivasi berprestasi mahasiswa, (3) motivasi berprestasi mahasiswa yang tugas dan tes formatifnya dinilai dengan penilaian PAP lebih tinggi daripada mahasiswa yang tugas dan tes formatifnya dinilai dengan penilaian PAN pada kelompok mahasiswa yang memiliki gaya belajar field independent, dan (4) motivasi berprestasi mahasiswa yang tugas dan tes formatifnya dinilai dengan penilaian PAP lebih rendah daripada mahasiswa yang tugas dan tes formatifnya dinilai dengan penilaian PAN pada kelompok mahasiswa yang mempunyai gaya belajar field dependent.Kata Kunci: Pendekatan Penilaian, Gaya Belajar, Motivasi Berprestasi Mahasiswa