EFEKTIVITAS PERMAINAN BUILDING BLOCK DALAM MENSTIMULASI KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK KELOMPOK B TK AL-WASHLIYAH ALUE NAGA BANDA ACEH

Main Authors: Hanum, Cut Fazlil; STKIP BINA BANGSA GETSEMPENA, Marliana, Lidia Yeni; STKIP BINA BANGSA GETSEMPENA
Other Authors: STKIP BINA BANGSA GETSEMPENA
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Percetakan Prima , 2017
Online Access: http://buahhati.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/43
http://buahhati.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/43/42
Daftar Isi:
  • Permainan building block adalah permainan konstruksional dimana anak dapat membuat keterampilan dan mengembangkan imajinasi kreatifnya dalam membuat/merancang sebuah bangunan dari berbagai bentuk lego tersebut. Hasil pengamatan awal saat observasi, hanya 2 orang anak yang dapat mengenal warna dengan benar dan tidak ragu lagi, pada aspek mengenal ukuran, nama bentuk dan menuangkan ide dalam bentuk merancang, semua anak masih mengalami kesulitan dimana semua anak masih belum berkembang. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Jenis penelitian eksperimen yang penulis gunakan yaitu one-group pre-test-post-test design. Berdasarkan hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa dengan permainan Building Block Efektif dalam Menstimulasi kecerdasan visual spasial anak kelompok B TK Al-Washliyah Alue Naga Banda Aceh. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan uji T demikian pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk =12 dengan kriteria terima H0 jika = α (n-1) ttabel = t(1- (12) = t(0,97 (12) = 11,7. Dan tolak H0 jika t mempunyai harga yang lain. Dari tabel distribusi diperoleh t(0,97 (12) = 11,7 karena thitung memenuhi kriteria –t ᾳ (n-1) < ttabel t1 ᾳ (n-1) (thitung > ttabel) = 17, 46 > 11,7 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya Permainan Building Block Efektif dalam Menstimulasi kecerdasan visual spasial anak kelompok B TK Al-Washliyah Alue Naga Banda Aceh. Kata Kunci : Permainan Building Block, Kecerdasan Visual Spasial, Efektivitas Abstract Game building block is a game where the child can make konstruksional skills and expand imajinasi Majesty in making/planning a building from various forms of the lego. The result of which was the beginning of the second, only 2 (374 ft) children can identify colors with true and doubtful again, this aspect of strain measurement, the names of shapes and menuangkan ideas in the form of plan, all children are still experiencing difficulties where all children are still yet to develop. This review uses experimental observations. Type of review of the experiments the authors use yaitu one-group pre-test-post-test design. Based on the review results can be stated that a game of Building Block Effective in stimulating the visual intelligence spasial the son of cluster B kindergarten Al-Washliyah Alue Naga Banda Aceh. The research results obtained based on T-test such significant extent at α = 0.05 and dk = 12 criteria receive H0 if = 1/2-α (n-1) ttable = t (1-0.025) (12) = t (0,975) (12) = 11.7. And reject H0 if t has a value to another. From the table of distribution obtained t (0,975) (12) = 11.7 because ttest meets the criteria –t ᾳ (n-1) < ttable t1 ᾳ (n-1) (ttest > ttable) = 17, 46 > 11,7 H0 is rejected and then accepted the H1. It means the game Building Block is effective in Stimulating the visual spatial intelligence group B kindergarten Al Washliyah Alue Naga Banda Aceh. Keywords: Game Building Block, Visual Spatial Intelligence, Effectiveness.