MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DAN MEMBACA MELALUI PERMAINAN KARTU AJAIB PADA KELAS B.2 ANAK USIA DINI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI 3 DESA LAMPULO KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH
Main Author: | Rosmawar, Rosmawar; Guru TK Negeri 3 Desa Lampulo, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh |
---|---|
Other Authors: | STKIP BBG Banda Aceh |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Percetakan Prima
, 2016
|
Online Access: |
http://buahhati.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/13 http://buahhati.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/13/13 |
Daftar Isi:
- Upaya yang dilakukan agar pembelajaran menyenangkan bagi anak usia dini Taman Kanak-Kanak, dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan kepada anak di Kelompok B.2 Taman Kanak-Kanak Negeri 3 Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh adalah melalui permainan kartu ajaib sebagai upaya dalam meningkatkan kemampuan menulis dan membaca anak pada bidang pengembangan kemampuan berbahasa di TK, metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 Siklus subyek penelitian adalah murid kelas B.2 TK Negeri 3 Banda Aceh tahun ajaran 2014-2015, semster I, sebanyak 25 orang, analisis data menggunakan tekanik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi,lembar ceklis dokumentasi dan catatan harian,melalui alat pengumpulan data ini akan melihat perkembangan anak pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung, dengan melihat kondisi awal, dan hasil yang dicapai pada setiap siklus,dengan membandingkan siklus I dan II melalui permainan penggunaan kartu ajaib dengan indikator yang diharapkan tercapai anak memiliki keberanian dan kerjasama dalam kelompoknya, menghubungkan gambar dengan tulisan, mengungkapkan gambar dan tulisan yang menyertai pada kelas kelompok B.2 TK Negeri 3 Banda Aceh.Maka diperoleh hasil pada siklus I mencapai 57%, atau10 anak, meningkat pada siklu ke II menjadi 94%, atau 10 anak, demikian juga dengan keaktifan gurupada siklu I, 69% siklus ke II, meningkat menjadi 83%. Pada kedua siklus ini terjadi perubahan aktifitas yang sangat signifikan bila dibandingkan dengan pra siklus indikator yang diharapkan tercapai hanya mencapai 45% atau 10 orang anak. Kata Kunci: Kemampuan Menulis dan Membaca, Kartu Ajaib