KAJIAN JENIS KESANTUNAN TIDAK TUTUR SISWA MULTIETNIK PADA SMP FATIH BILINGUAL SCHOOL BANDA ACEH
Main Author: | Faisal, Faisal; Universitas Serambi Mekkah |
---|---|
Other Authors: | Universitas Serambi Mekkah |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh
, 2018
|
Online Access: |
http://metamorfosa.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/101 http://metamorfosa.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/101/86 |
Daftar Isi:
- AbstrakPenelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan kesantunan komunikasi siswa berbagai etnik pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Fatih Bilingual School Banda Aceh. Hal yang akan diteliti adalah jenis kesantunan apa sajakah yang digunakan siswa (SMP) Fatih Bilingual School Banda Aceh dalam berkomunikasi sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan. Penelitian akan dilakkan dalam enam tahapan. (1) merancang dan menditribusiakan instumen pendataan etnik siswa, (2) mengelompokkan hasil pendataan untuk pedoman pengumpuan data, (3) merekam komunikasi siswa saat jam bebas/istirahat di tempat umum seperti kantin dan tempat oleh raga, (4) mengubah data rekam menjadi tulisan, (5) menganalisi data dan mendeskripsikan hasil analisis, (6) menghitung persentase kemunculan setiap jenis tindak tutur yang digunakan oleh siswa. Perolehan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa multietnik dalam berkomunikasi menggunakan lima jenis kesaantunan tindak tutu. (1) panjang pendek tuturan. (2) urutan tuturan, (3) intonasi dan kinesika, (4) penanda kesanatunan, dan tanpa kesantunan. Disimpulkan bahwa siswa multietnik menggunan jenis kesantunan tindak tutur sesuai dengan hasilpenelitian. Kata Kunci: Tindak Tutur, Kesantunan, Siswa, Multietnik, Sekolah Menengah Pertama