ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA PADA MATA KULIAH PROGRAM LINIER

Main Authors: Widiyasari, Ririn, Kusumah, Yaya S, Nurlaelah, Elah
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta , 2020
Subjects:
Online Access: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/6825
https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/6825/4288
https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/downloadSuppFile/6825/1153
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif mahasiswa calon guru matematika berkemampuan awal matematika tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal Program Linier materi Metode Grafik yang dibuat berdasarkan indikator kemampuan berpikir reflektif. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah mahasiswa semester genap tahun ajaran 2019/2020 Program Studi Pendidikan Matematika FIP UMJ dengan jumlah 6 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian setelah dilakukan tes kemampuan awal matematika (KAM) mahasiswa dipilih masing-masing dua subjek mahasiswa berkemampuan awal matematika tinggi, sedang dan rendah. Kemampuan berpikir reflektif mahasiswa berkemampuan awal matematika level tinggi, sedang dan rendah menurut kriteria adalah sebagai berikut, subjek dengan KAM tinggi untuk ketiga soal mampu memahami pertanyaan dengan cepat, menjawab soal dengan mengaitkan materi sebelumnya dan melengkapi dengan gambar secara tepat, mampu menjelaskan langkah-langkah dan menyadari kesalahannya, mengetahui sumber kesalahan dan memperbaikinya, memeriksa kembali jawaban dan menyimpulkan dengan benar. Subjek dengan KAM sedang mampu memenuhi semua indikator hanya untuk no. 1 dan 3 saja, untuk nomor 2 hanya mengetahui sumber kesalahan dan tidak memperbaikinya karena bingung dengan gambarnya. Sedangkan subjek dengan KAM rendah, untuk ketiga soal tidak memenuhi indikator berpikir reflektif, subjek tidak mengetahui sumber kesalahan dan salah konsep. Selanjutnya, diharapkan hasil penelitian ini dapat membantu dosen atau guru matematika untuk menemukan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa demi mengembangkan kemampuan berpikir reflektif mahasiswa.