PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN BAHAN MANIPULATIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA

Main Author: Astriyani, Arlin
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta , 2015
Online Access: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/1626
https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/1626/1379
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik berbantuan alat peraga terhadap motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 47 peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket motivasi. Uji coba instrumen angket motivasi meliputi validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat meliputi uji normalitas populasi menggunakan metode Liliefors dan uji homogenitas variansi populasi menggunakan uji Bartlett Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh simpulan bahwa pendekatan Pendidikan Matematika Realistik berbantuan bahan manipulatif berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik dapat dilihat dari hasil belajar matematika yang meningkat, peserta didik lebih tertarik terhadap matematika, dan lebih aktif dalam proses pembelajaran.