PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KEBUGARAN JASMANI DENGAN PENDEKATAN BERMAIN SISWA SMP NEGERI KOTA BANDA ACEH
Main Author: | Ikhwani, Yudi; Universitas Serambi Mekkah |
---|---|
Other Authors: | STKIP BBG Banda Aceh |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Percetakan Prima
, 2017
|
Online Access: |
http://penjaskesrek.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/63 http://penjaskesrek.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/63/57 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini antara lain: (1) mendiskripsikan potensi dan kondisi pemanfatan model pembelajaran pendidikan jasmani sebelum melakukan pengembangan, (2) mengembangkan model pembelajaran pendidikan jasmani yang sudah ada, (3) menganalisis efektifitas pembelajaran kebugaran jasmani setelah menggunakan model pembelajaran kebugaran jasmani, (4) menganalisis efisiensi pembelajaran kebugaran jasmani setelah menggunakan model pembelajaran kebugaran jasmani, dan (5) menganalisis kemenarikan model pembelajaran kebugaran jasmani, bahan ajar, dan permainan dalam pembelajaran kebugaran jasmani. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan. Penelitian dilakukan di SMP Negeri Kota Banda Aceh. Pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan nilai gain. Kesimpulan penelitian adalah: (1). model pembelajaran kebugaran jasmani efektif digunakan untuk pembelajaran kebugaran jasmani, karena N Gain untuk hasil belajar adalah 0,60 (sangat efektif), (2) menghasilkan model pembelajaran kebugaran jasmani yang terdiri dari: (a) langkah – langkah pembelajaran/ sintaks, (b) silabus, (c) rencana pelaksanaan pembelajaran, (d) bahan ajar, dan (e) permainan – permainan kebugaran jasmani, 3) model pembelajaran kebugaran jasmani efisien digunakan dalam materi kebugaran jasmani dengan rasio efisiensi pembelajaran sebesar 1,4 lebih besar dari 1, dan (4) model pembelajaran kebugaran jasmani menarik untuk digunakan dalam materi kebugaran jasmani dengan rata-rata skor 3,59 (sangat menarik) . Kata Kunci : Model Pembelajaran , Kebugaran Jasmani, Bermain. Abstract The objectives of this research are: (1) to describe the potential and condition of learning model of physical education before developing, (2) to develop the existing model of physical education learning, (3) to analyze the effectiveness of physical fitness learning after using physical fitness learning model, 4) analyzing the efficiency of physical fitness learning after using the physical fitness learning model, and (5) analyzing the attractiveness of learning models of physical fitness, teaching materials, and games in physical fitness learning. Research using research and development approach. The study was conducted at SMP Negeri Kota Banda Aceh. Data collection using tests and questionnaires. The research data is analyzed descriptively quantitative and gain value. The conclusions of the study were: (1). Physical fitness learning model is effectively used for physical fitness learning, because N Gain for learning outcomes is 0.60 (very effective); (2) produces a physical fitness learning model consisting of: (a) learning / syntax steps, (b (c) learning plan, (d) teaching materials, and (e) physical fitness games, 3) efficient physical fitness learning model used in physical fitness materials with a learning efficiency ratio of 1.4 is greater than 1, and (4) the physical fitness learning model is interesting for use in physical fitness materials with an average score of 3.59 (very interesting). Keywords: Learning Model, Fitness, Play.