KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMP PADA MATERI LINGKARAN BERBENTUK SOAL KONTEKSTUAL DITINJAU DARI GENDER

Main Authors: Anggraeni, Rinny; IKIP Siliwangi Bandung, Herdiman, Indri; IKIP Siliwangi Bandung
Other Authors: STKIP BBG Banda Aceh
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Percetakan Prima , 2018
Online Access: http://numeracy.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/76
http://numeracy.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/76/62
Daftar Isi:
  • Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis atau mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematik siswa perempuan dan laki-laki pada soal kontekstual materi lingkaran di jenjang SMP. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah matematik subjek perempuan lebih baik dibandingkan subjek laki-laki. Hal ini tercermin dari hasil perolehan rata-rata skor benar setiap indikator yang menunjukkan bahwa subjek perempuan memiliki rata-rata lebih tinggi dibanding subjek laki-laki. Hal tersebut dipengaruhi oleh manajemen waktu subjek perempuan yang lebih baik dibandingkan subjek laki-laki, dimana dalam melakukan penyelesaian subjek perempuan cenderung melewati terlebih dahulu langkah penyelesaian atau soal yang dianggap sulit untuk selanjutnya mengerjakan terlebih dahulu soal lainnya. Akan tetapi, untuk hal lainnya tidak terdapat perbedaan yang mendasar antara subjek perempuan dan laki-laki dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematik berbentuk soal kontekstual materi lingkaran yang diajukan. Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah matematik, lingkaran, soal kontekstual, gender AbstractThis research includes descriptive qualitative research that aims to analyze or know the problem solving ability of mathematics of female and male students on matter contextual circle material in junior high school. From the results of this study obtained that the problem solving ability of mathematics subject of woman better than subject of man. This is reflected in the results of the average scores on average of each indicator indicating that the subject of women has a higher average than the male subject. It is influenced by the management of women subject time is better than the subject of men, where in completing the subject of women tend to go through the first step solving or problems that are considered difficult to further do the other first. However, for other things there is no significant difference between the subject of women and men in solving the problem of mathematical problems in the form of contextual matter of circle material proposed. Keywords: mathematical problem solving ability, circle, contextual problem, gender