MENANAMKAN KONSEP MATEMATIKA MELALAUI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVIS SEBAGAI ALTERNATIF PERUBAHAN SISWA KELAS V DI SD PENDEM II SUMBERLAWANG, SRAGEN, JAWA TENGAH
Main Authors: | Muhammadin Al Fath, Ayatullah Muhammadin Al Fath; Dosen PGSD STKIP PGRI Pacitan, Ardhyantama, Vit; Dosen PGSD STKIP PGRI Pacitan |
---|---|
Other Authors: | STKIP BBG Banda Aceh |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Percetakan Prima
, 2016
|
Online Access: |
http://numeracy.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/41 http://numeracy.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/41/39 |
Daftar Isi:
- Pembelajaran di kelas secara umum bertujuan untuk memberikan pengetahuan baru kepada siswa. Pengetahuan baru tersebut diperoleh melalui sederetan konsep-konsep yang dalam matematika lebih bersifat abstrak. Karena abstrak, maka dalam pelaksanaannya siswa dibimbing oleh guru melalui pendekatan yang sesuai dengan kehidupan nyata disekitarnya. Salah satu bentuk pendekatan yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan pembelajaran konstruktivis. Prinsip utama pembelajaran konstruktivis adalah siswa membangun pengertian baru dengan menggunakan pengetahuan sebelumnya yang telah dimiliki dan dengan pembelajaran konstruktivis suasana kelas lebih bersifat aktif bukan lagi pasif. Berdasarkan dua prinsip tersebut penerapan konstruktivis dalam menanamkan konsep matematika kepada anak di kelas V dapat dilakukan dengan menggunakan model discovery learning atau pembelajaran berbasis masalah, sehingga ketuntasan hasil belajar individu maupun kelas dapat ditingkatkan sesuai dengan rumusan tujuan pembelajaran.Kata Kunci: Perubahan Hasil Belajar, Pengetahuan Siswa, Konstruktivis,Konsep, Ketuntasan Belajar.