Penerapan Pembelajaran Kontekstual pada Materi Teorema Pythagoras untuk Siswa Kelas VIII Mtss Durian Kawan Aceh Selatan
Main Author: | Nasriadi, Ahmad; STKIP BBG Banda Aceh |
---|---|
Other Authors: | STKIP BBG Banda Aceh |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Percetakan Prima
, 2016
|
Online Access: |
http://numeracy.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/17 http://numeracy.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/17/17 |
Daftar Isi:
- Untuk menarik minat siswa dalam belajar matematika diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan karakteristik materi yang diajarkan. Pembelajaran yang menarik minat siswa dapat menimbulkan motivasi siswa sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa akan sesuai dengan apa yang diharapkan. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika adalah pendekatan pembelajaran kontekstual, pendekatan ini merupakan suatu konsep belajar yang mampu membantu guru mengaitkan hubungan antara pengetahuan atau konsep yang telah dimiliki oleh siswa serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi teorema Pythagoras. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui pendekatan pembelajaran kontekstual pada materi teorema Pythagoras di MTsS Durian Kawan. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen atau eksperimen pura-pura. Sampel Penelitian ini adalah semua siswa Kelas VIII MTsS Durian Kawan. Instrumen yang digunakan berupa tes serta observasi guru dan observasi siswa sebagai alat pendukung keakuratan penelitian. Selanjutnya, hipotesis penelitian ini adalah penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 25 point pada materi teorema Pythagoras di kelas VIII MTsS Durian Kawan. Pengujian hipotesis menggunakan statistik uji-t, pihak kiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung > t tabel yaitu 8,25 > 1,71 yang berarti hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 25 point pada materi teorema Pythagoras. Kata Kunci:: Penerapan Pembelajaran Kontekstual, Teorema Pythagoras, Peningkatan Hasil Belajar Siswa