PENGARUH PARTISIPASI MASYARAKAT DAN KINERJA PENGELOLA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PENYEDIAAN SARANA AIR MINUM DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT DI KABUPATEN ROKAN HULU

Main Author: kusworo, kusworo
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: JURNAL PAPATUNG
Subjects:
Online Access: http://eprints.ipdn.ac.id/5550/1/PENGARUH%20PARTISIPASI%20MASYARAKAT%20DAN%20KINERJA%20PENGELOLA%20TERHADAP%20KUALITAS%20PELAYANAN%20PENYEDIAAN%20SARANA%20AIR%20MINUM%20DAN%20SANITASI%20BERBASIS%20MASYARAKAT%20%20DI%20KABUPATEN%20ROKAN%20HULU.pdf
http://eprints.ipdn.ac.id/5550/
http://www.jurnalpapatung.com
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh partisipasi masyarakat dan kinerja pengelola terhadap kualitas pelayanan Penyediaan Sarana Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat di Kabupaten Rokan Hulu. Populasi yaitu masyarakat yang memanfaatkan program Pamsimas dari tahun 2008 hingga 2018 sebanyak 14.605 kepala keluarga yang tersebar sebanyak 111 desa di Kabupaten Rokan Hulu. Jumlah sampel menggunakan rumus Slovin sebanyak 390 orang responden, dan teknik pengambilan sampel secara cluster sampling. Pengambilan informasi dari tanggapan responden menggunakan kuesioner dengan skala likert dan dianalisis dengan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan partisipasi masyarakat dan kinerja pengelola berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan baik secara parsial maupun secara simultan. Kata Kunci: Partsipasi masyarakat, kinerja pengelola dan kualitas pelayanan