PROSES INTERNALISASI PENDIDIKAN KEUANGAN MAHASISWA DALAM MENUNJANG SDGs

Main Author: rusmawati, zeni
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi Akuntansi FEB UNITOMO , 2017
Online Access: http://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/342
http://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/342/273
Daftar Isi:
  • Pendidikan keuangan sangat penting bagi mahasiswa, agar mahasiswa bisa mandiri dalam mengelola keuangannya. Fokuspaper iniadalahmendeskripsikanbagaimana proses internalisasipendidikan keuangan dalam menunjangSDGs. Penelitianini menggunakanpendekatan kualitatif fenomenologi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaProsesInternalisasipendidikankeuangan diperolehdari tahaptransformasiberupapenyampaian materi;tahaptransaksinilaiberupainteraksiantarkeduabelahpihak,dantahaptransinternalisasi yaitubukanhanyadilakukandengankomunikasiverbal tapi jugasikapmentaldankepribadian. Mediator dalam proses internalisasi pendidikan keuangan adalah teman, praktik pribadi, keluarga (orang tua) dan dosen/perguruan tinggi. Internalisasi pendidikankeuanganyangdibentukdaripendidikandosenmelalui menyampaikanmaterikeuangan perusahaanmaupunkeuangan pribadi.Internalisasipendidikan keuangan ke dalamperilaku mahasiswa dapat membentuk mahasiswa/lulusan yang berkualitas, sehinggamemacupencapaianterhadaptujuandansasarandalameraSDGs