PROSES INTERNALISASI PENDIDIKAN KEUANGAN MAHASISWA DALAM MENUNJANG SDGs
Main Author: | rusmawati, zeni |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi Akuntansi FEB UNITOMO
, 2017
|
Online Access: |
http://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/342 http://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/342/273 |
Daftar Isi:
- Pendidikan keuangan sangat penting bagi mahasiswa, agar mahasiswa bisa mandiri dalam mengelola keuangannya. Fokuspaper iniadalahmendeskripsikanbagaimana proses internalisasipendidikan keuangan dalam menunjangSDGs. Penelitianini menggunakanpendekatan kualitatif fenomenologi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaProsesInternalisasipendidikankeuangan diperolehdari tahaptransformasiberupapenyampaian materi;tahaptransaksinilaiberupainteraksiantarkeduabelahpihak,dantahaptransinternalisasi yaitubukanhanyadilakukandengankomunikasiverbal tapi jugasikapmentaldankepribadian. Mediator dalam proses internalisasi pendidikan keuangan adalah teman, praktik pribadi, keluarga (orang tua) dan dosen/perguruan tinggi. Internalisasi pendidikankeuanganyangdibentukdaripendidikandosenmelalui menyampaikanmaterikeuangan perusahaanmaupunkeuangan pribadi.Internalisasipendidikan keuangan ke dalamperilaku mahasiswa dapat membentuk mahasiswa/lulusan yang berkualitas, sehinggamemacupencapaianterhadaptujuandansasarandalameraSDGs