Peran Academic Dishonesty dalam Menjelaskan Hubungan Antara Self-Regulated Learning dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Prestasi Akademik

Main Authors: Sarirah, Thoyyibatus, Rachmayani, Dita, Supriyono, Yoyon
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: MEDIAPSI , 2017
Subjects:
Online Access: http://mediapsi.ub.ac.id/index.php/mediapsi/article/view/46
http://mediapsi.ub.ac.id/index.php/mediapsi/article/view/46/36
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat peranan academic dishonesty dalam menjelaskan hubungan antara self-regulated learning dan dukungan sosial teman sebaya dengan prestasi akademik. Sampel penelitian berjumlah 327 mahasiswa Universitas Brawijaya dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan regresi berganda dengan variabel moderator. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat hubungan antara self-regulated learning dan dukungan sosial teman sebaya dengan prestasi akademik akan tetapi dukungan sosial teman sebaya tidak berhubungan dengan prestasi akademik. Sementara academic dishonesty berperan sebagai moderator dalam hubungan antara self-regulated learning dengan prestasi akademik.