Penerapan Markerless Augmented Reality Untuk Pengenalan Alfabetik Beserta Objek Pada Anak Berbasis Android

Main Authors: Fadli, Muhammad, Astuti, Indah Fitri, Ramadiani, Ramadiani
Format: Article info application/pdf Proceeding
Bahasa: eng
Terbitan: Mulawarman University , 2019
Subjects:
Online Access: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/SAKTI/article/view/2575
http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/SAKTI/article/view/2575/pdf
Daftar Isi:
  • Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang mampu menggabungkan objek maya dalam dua dimensi (2D) atau tiga dimensi (3D) ke dalam sebuah lingkungan nyata secara realtime. Salah satu implementasi AR di dalam bidang media informasi yaitu penerapan AR dalam mengenalkan alfabetik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan Augmented Reality pengenalan alfabetik beserta objek dengan smartphone. Aplikasi yang di bangun menggunakan software unity 3D dan library Vuforia SDK. Cara kerja aplikasi ini, pengguna hanya perlu mengarahkan kamera ke objek penanda Markerless, kemudian secara otomatis menampilkan informasi berupa gambar dan teks dalam bentuk alfabetik yang menjadi objek dalam penelitian ini yaitu, apel, bola, catur, dasi, helikopter, lampu, mobil, pensil, sepeda, dan vas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aplikasi berjalan sesuai dengan perencanaan, maka Augmented Reality dengan metode markerless dapat diterapkan untuk pengenalan alfabetik beserta objek berbasis android.