SIMULASI SISTEM ANTRIAN DENGAN METODE MULTIPLE CHANNEL SINGLE PHASE

Main Authors: Ramadhan, Jaka Dian, Agus, Fahrul, Astuti, Indah Fitri
Format: Article info application/pdf Proceeding
Bahasa: eng
Terbitan: Mulawarman University , 2017
Online Access: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/SAKTI/article/view/247
http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/SAKTI/article/view/247/pdf
Daftar Isi:
  • Antrian merupakan suatu garis tunggu dari orang/satuan yang memerlukan pelayanan dari satu atau lebih fasilitas layanan, misalnya antrian pada teller di bank. Pada bank dengan jumlah teller yang sedikit atau tingkat pelayanan yang rendah seringkali mengakibatkan antrian yang panjang sehingga nasabah yang akan dilayani menunggu dalam jangka waktu yang lama. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan sistem antrian pada Bank Negara Indonesia Kantor Cabang Pembantu Universitas Mulawarman Samarinda menggunakan metode sistem antrian Multiple Channel Single Phase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total rata – rata waktu pelayanan 2 teller 28,32 menit/nasabah, 3 teller 7,66 menit/nasabah, dan 4 teller 5,98 menit/nasabah. Rekomendasi hasil penelitian menggunakan 3 teller karena total rata – rata waktu pelayanan dari 2 teller ke 3 teller mengalami penurunan secara drastis, sedangkan total rata – rata waktu pelayanan dari 3 teller ke 4 teller mengalami penurunan tidak terlalu signifikan.