Analisis pemecahan masalah siswa SMA dalam menyelesaikan masalah Jumping Task pada materi barisan dan deret aritmetika
Main Authors: | Hobri, Hobri, Widyasari, Ni Kadek, Murtikusuma, Randi Pratama |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
STKIP PGRI Banjarmasin
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/952 https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/952/519 |
Daftar Isi:
- The purpose of this research is to describe the problem solving of high school students in solving jumping task problems on arithmetic sequence and series. Jumping task problem solving is description about how students solve jumping task problems using their knowledge. This type of research is a descriptive with a qualitative approach. The research subject were six students from class XI MIPA 5 SMAN 1 Jember. Instruments that are used in this research are problem solving test based on jumping task and interview guidelines. The analysis process in student’s sheet is based on Polya steps. It consists of understanding the problem, devising a plan, carrying out the plan, and looking back. Based on the results of the analysis of students’ problem solving that are done using jumping task problem, it can be stated that in general at the stage of understanding the problem all subjects are able to understand the problem well, at the stage of devising a plan the subjects plan how to solve it correctly even though there are some steps that are not written but immediately appear in the implementation of the plan, at the stage of carrying out the plan the subjects carry out the plan appropriately and sequentially according to the plan that has been made, and at the stage of looking back the way of subjects in re-checking the answers is to use data that has been obtained at the stage of carrying out the plan and then equating it with the known data.
- Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemecahan masalah pada siswa SMA dalam menyelesaikan masalah jumping task pada materi barisan dan deret aritmetika. Pemecahan masalah jumping task merupakan gambaran deskripsi tentang bagaimana upaya siswa dalam menyelesaikan masalah jumping task dengan menggunakan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian sebanyak enam siswa dari kelas XI MIPA 5 SMAN 1 Jember. Instrumen yang digunakan adalah tes pemecahan masalah jumping task dan pedoman wawancara. Proses analisis jawaban siswa dalam memecahkan masalah jumping task pada materi barisan dan deret aritmetika berdasarkan tahapan Polya meliputi memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Berdasarkan hasil analisis pemecahan masalah siswa yang dilakukan menggunakan masalah jumping task terlihat bahwa secara umum pada tahap memahami masalah seluruh subjek mampu memahami masalah dengan baik, pada tahap membuat rencana subjek merencanakan cara penyelesaian sudah benar walaupun terdapat beberapa langkah yang tidak ditulis namun langsung muncul dalam pelaksanaan rencana, pada tahap melaksanakan rencana subjek melaksanakan rencana dengan tepat dan berurutan sesuai dengan rencana yang telah dibuat, dan pada tahap memeriksa kembali cara subjek dalam memeriksa kembali jawaban adalah menggunakan data yang telah diperoleh pada tahap melaksanakan rencana kemudian menyamakan dengan data yang diketahui.