MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN PERMAINAN WHO WANTS TO BE A MILLIONAIRE DI KELAS X TKJ 2 SMK PGRI PANDAAN

Main Authors: Tukiran, Tukiran, Rahaju, Rahaju; Universitas Kanjuruhan Malang
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Banjarmasin , 2017
Subjects:
Online Access: http://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/146
http://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/146/pdf_12
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran teams games tournament berbantuan permainan who wants to be a millionaire yang dapat meningkatkan prestasi belajar pada materi sistem persamaan linear serta mendeskripsikan besarnya peningkatan prestasi belajar siswa kelas X TKJ 2 SMK PGRI Pandaan. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas X TKJ 2 SMK PGRI Pandaan. Data dikumpulkan dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model teams games tournament berbantuan permainan who wants to be a millionaire yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dilakukan dengan langkah-langkah membagi siswa menjadi beberapa kelompok heterogen, menyampaikan materi, memberi kesempatan siswa berdiskusi menyelesaikan tugas secara bersama. Setelah itu, siswa mengikuti permainan yaitu menjawab pertanyaan yang terdapat pada kartu bernomor. Kemudian, siswa memainkan turnamen dengan anggota kelompok lain untuk memperoleh tambahan poin. Turnamen dilaksanakan dengan bantuan pemainan who wants to be a millionaire. Media permainan berupa banner berukuran 1 m2 untuk menempelkan stiker soal danstiker jawaban. Soal who wants to be a millionaire terdiri atas 10 soal pilihan ganda. Masing-masing kelompok adu cepat menjawab soal. Pemain menjawab dan menjelaskan jawaban. Pemenang adalah kelompok yang berhasil mengumpilkan poin terbanyak. Pada siklus1 sebanyak 80,95% siswa tuntas belajar, sedangkan pada siklus 2 meningkat menjadi 90,48% siswa tuntas belajar.Kata Kunci: teams games tournament, who wants to be a millionaire, sistem persamaan linear, prestasi belajar