PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DENGAN ASSESSMENT FOR LEARNING (AFL) DITINJAU DARI KEMAMPUAN SPASIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KOTA BANJARMASIN

Main Authors: Asy'ari, Asy'ari, Gunawan, Gunawan; STKIP PGRI Banjarmasin
Other Authors: Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Banjarmasin , 2017
Online Access: http://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/139
http://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/139/pdf_13
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan model pembelajaran berbasis TIK dengan Assessment for Learning (AfL) melalui penilaian teman sejawat serta efektivitas pembelajaran berbasis TIK dengan AfL melalui penilaian teman sejawat terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari kemampuan spasial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dan eksperimental semu dengan desain faktorial 3 3. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 262 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANOVA dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran berbasis TIK dengan AfL melalui penilaian teman sejawat lebih baik dari hasil belajar siswa yang diberi model pembelajaran berbasis TIK dan model pembelajaran konvensional. Selain itu, hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran berbasis TIK lebih baik dari hasil belajar siswa yang diberi model pembelajaran konvensional. (2) Hasil belajar siswa yang mempunyai kemampuan spasial tinggi lebih baik dari hasil belajar siswa yang mempunyai kemampuan spasial sedang dan rendah. Selain itu, hasil belajar siswa yang mempunyai kemampuan spasial sedang lebih baik dari hasil belajar siswa yang mempunyai kemampuan spasial rendah.