Klasterisasi Data Travel Umroh di Marketplace Umroh.com Menggunakan Metode K-Means

Main Authors: Hermansyah, Mas'ud, Hamdan, Rifky Aditia, Sidik, Fazar, Wibowo, Arief
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University , 2020
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/jik/article/view/63225
https://ojs.unud.ac.id/index.php/jik/article/view/63225/36585
Daftar Isi:
  • Perjalanan wisata religi khususnya untuk ibadah umroh semakin diminati masyarakat. Umroh.com adalah jembatan antara calon jamaah umroh dengan travel umroh untuk bertransaksi didalam persiapan perjalanan ibadah umroh. Umroh.com sebuah perusajaan berbentuk marketplace dengan menawarkan produk paket umroh dan menyediakan travel umroh lebih dari 60 travel umroh terpercaya di Indonesia dengan izin resmi Kementrian Agama. Untuk dapat melakukan persaingan antar travel umroh, masing-masing travel membutuhkan strategi-strategi penjualan untuk dapat menarik minat calon jamaah umroh dan meningkatkan laba atau pendapatan perusahaan travel. Pada penelitian ini analisis data mining dilakukan dengan Teknik Clustering menggunakan metode K-Means. Hasil akhir dari penelitian ini adalah mengelompokkan data travel yang terdaftar di Umroh.com untuk mengetahui data travel yang memiliki potensi atau kecenderungan calon jamaah umroh dalam memilih travel umroh tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemodelan K-Means dengan jumlah klaster sebanyak 5 klaster memiliki nilai DBI terkecil yaitu sebesar 0,134. Kata Kunci: Klasterisasi, Travel Umroh, Marketplace, K-Means, Davies Bouldin Index
  • Perjalanan wisata religi khususnya untuk ibadah umroh semakin diminati masyarakat. Umroh.com adalah jembatan antara calon jamaah umroh dengan travel umroh untuk bertransaksi didalam persiapan perjalanan ibadah umroh. Umroh.com sebuah perusajaan berbentuk marketplace dengan menawarkan produk paket umroh dan menyediakan travel umroh lebih dari 60 travel umroh terpercaya di Indonesia dengan izin resmi Kementrian Agama. Untuk dapat melakukan persaingan antar travel umroh, masing-masing travel membutuhkan strategi-strategi penjualan untuk dapat menarik minat calon jamaah umroh dan meningkatkan laba atau pendapatan perusahaan travel. Pada penelitian ini analisis data mining dilakukan dengan Teknik Clustering menggunakan metode K-Means. Hasil akhir dari penelitian ini adalah mengelompokkan data travel yang terdaftar di Umroh.com untuk mengetahui data travel yang memiliki potensi atau kecenderungan calon jamaah umroh dalam memilih travel umroh tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemodelan K-Means dengan jumlah klaster sebanyak 5 klaster memiliki nilai DBI terkecil yaitu sebesar 0,134. Kata Kunci: Klasterisasi, Travel Umroh, Marketplace, K-Means, Davies Bouldin Index