STUDI PARAMETRIK PENGARUH ROUGHNESS TERHADAP PROFIL KECEPATAN LAPISAN BATAS PADA SIMULASI ATMOSPHERIC BOUNDARY LAYER DI WIND TUNNEL (PARAMETRIC STUDY OF ROUGNESS INFLUENCE TOWARD THE BOUNDARY LAYER VELOCITY PROFILE ON THE SIMULATION OF ATMOSPHERIC BOUNDARY LAYER IN THE WIND TUNNEL)

Main Author: Subagyo
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: LAPAN , 2014
Subjects:
ABL
Online Access: http://repository.lapan.go.id//index.php?p=show_detail&id=1008
http://repository.lapan.go.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/jtekgan_vol_12_no._2.PNG.PNG
Daftar Isi:
  • Pengaruh kekuatan angin yang bekerja pada gedung tinggi sangat pentinguntuk dipahami berkaitan dengan desain dan analisis bangunan tinggi. Hal inidiperlukan agar bangunan yang dirancang dapat memenuhi kriteria aman. Pengaruhangin dalam hal ini dipengaruhi oleh profil kecepatan angin yang merupakan kurvalengkung yang terletak di batas lapisan. Dalam hal ini lapisan batas biasanya disebutdengan Atmospheric Boundary Layer (ABL). ABL adalah bagian dari atmosfer yangberimbas langsung terhadap permukaan bumi. Profil kecepatan aliran pada ABL dapatmemiliki gradien landai atau curam tergantung pada karakteristik dari permukaanhulu. ABL dapat diketahui dan direkonstruksi melalui dua metode yaitu eksperimendan simulasi numerik. Penelitian rekonstruksi ABL dalam makalah ini menggunakanmetode eksperimen. Dalam eksperimen atau percobaan, rekonstruksi ABL biasanyadilakukan dengan try and error, perlu untuk mengetahui kecenderungan parameterABL untuk membuatnya lebih mudah dan lebih efektif dalam membangun ABL.
  • Hal. 128-139:ilus.; 30 cm.