Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Penggunaan Modul Dengan Prestasi Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran d SMK Negeri 1 Pengasih Kulon Progo Yogyakarta
Tujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan penggunaan modul dengan prestasi belajar kewirausahaan siswa kela XI program keahlian administrasi perkantoran di SMK N 1 Pengasih KP Yk. Adalah penelitian populasi, subjek penelitian adalah siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Per...
Main Author: | Rahmadi, Isna (-) |
---|---|
Format: | Serial |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Yogyakarta:
UNY FISE
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://202.162.35.204:8191/opac/DetailOpacBlank.aspx?id=1661 http://202.162.35.204:8191/opac/uploaded_files/sampul_koleksi/original/Monograf/19188.jpg |
Summary: |
Tujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan penggunaan modul dengan prestasi belajar kewirausahaan siswa kela XI program keahlian administrasi perkantoran di SMK N 1 Pengasih KP Yk. Adalah penelitian populasi, subjek penelitian adalah siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran yang berjumlah 35 siswa. Pengumpulan data motivasi belajar dan penggunaan modul dilakukan dengan metode angket sedangkan prestasi belajar kewirausahaan diperoleh dari data sekunder hasil belajar semester gasal TA 2007/2008. Uji coba instrumen dilakukan pada 30 siswa. Uji validitas dilakukan dengan teknik product moment dari pearson. Sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus alpha cronhach. Untuk mengetahui hubungan motivasi belajar atau penggunaan modul secara bersama-sama dengan prestasi belajar kewirausahaan digunakan teknik analisis data korelasi product moment dilanjutkan dengan korelasi parsial. Sedangkan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dan penggunaan modul secara bersama-sama dengan prestasi belajar kewirausahaan digunakan teknik analisis korelasi ganda yang dilanjutkan dengan analisis regresi ganda. Tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1). terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dgn prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas XI SMK N I Pengasih KP Program keahlian AP yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,771 (r hitung> r tabel 0,334 pada taraf signifikansi 5%, 2). terdapat hubungan positif dan signifikan antara penggunaan modul dengan prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas XI program Keahlian AP di SMK N I Pengasih KP Yk yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,759 (r hitung > r tabel 0,334 pada taraf signifikansi 5%. 3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan Penggunaan modul secara bersama-sama dg prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas XI SMK N I Pengasih KP Yk ditunjukkan dengan koefisien korelasi ganda (R) 0,822 dan koefisien determinasi ( |
---|---|
Physical Description: |
viii, 97 hlm.: ilus.; 30 cm |
Bibliography: |
Bibliografi hlm. 69-70 |