Pengaruh Multimedia Interaktif Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Mutihan Wates

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh multimedia interaktif terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V SD Muhammadiyah Mutihan Wates Kulon Progo DIY tahun ajaran 2010/2011. Jenis oenelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan bentuk pre-test-post test contro...

Full description

Main Author: Yunita Kumalasari (-)
Format: Serial
Bahasa: ind
Terbitan: Yogyakarta: UNY FIP , 2011
Subjects:
Online Access: http://202.162.35.204:8191/opac/DetailOpacBlank.aspx?id=15696
http://202.162.35.204:8191/opac/uploaded_files/sampul_koleksi/original/Monograf/4891.jpg
Summary: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh multimedia interaktif terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V SD Muhammadiyah Mutihan Wates Kulon Progo DIY tahun ajaran 2010/2011. Jenis oenelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan bentuk pre-test-post test control group design. Variabel terikat pada penelitian ini adalah prestasi belajar ilmu pengetahuan alam dan variabel bebasnya adalah multimedia. populasi pada penelitian ini sebanyak 51 siswa. Metode pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan teknik undian untuk menentukan kelompok kontrol yang diajar menggunakan media gambar dan kelompok eksperimen yang diajar menggunakan multimedia interaktif. Treatment deilakukan sebanyak dua kali pertemuan dengan materi pokok pesawat sederhana. pada kelompok kontrol, pertemuan pertama dengan pokok bahasan pesawat sederhana dengan tuas dan katrol, dan pertemuan kedua dengan pokok bahasan pesawat sederhana jenis bidang miring dan roda berputar. data hasil penelitian diperoleh dari observasi dan tes. Analisis data dalam penelitian ini dibagi dalam dua tahap, yaitu (1) data observasi secara deskriptif, dan 2) hasil tes dengan menggunakan uji persyaratan analisis dan pengujian hipotesis. Dilihat dari hasil observasi sebesar 62,02%-78,84% siswa antusian dan aktif dalam pembelajaran IPA menggunakan multimedia interaktif. Data Hasil tes yang diperoleh dianalisis menggunakan uji statistik. Hasil analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa ada perbedaan secara signifikan prestasi belajar IPA antara pembelajaran menggunakan multimedia interaktif dan pembelajaran menggunakan media gambar. Hasil penghitungan dengan uji t diperoleh t hitung sebesar 2,076 dan ttabel sebesar 2,010 dengan df=49. Hasil t hitung >t tabel dengan rata-rata nilai post test kelompok kontrol sebesar 78,12 dan nilai rata-rata post test kelompok eksperimen sebesar 83,54 dengan selisih rata-rata sebesar 5,42. Hasil ini berarti multimedia interaktif lebih efektif daripada media gambar.
Physical Description: xv, 146 hlm.: ilus., 30 cm
Bibliography: Bibliografi