Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Melalui Penggunaan Media Gambar pada Peserta Didik Kelas IV Di SD Negeri 1 Dekso Kecamatan Kalibawang Kabupaten Kulon Progo

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS melalui penggunaan media gambar pada peserta didik kelas IV di SD N 1 Dekao Kec. Kalibawang Kab KP. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Dekso, yang berj...

Full description

Main Author: Ulfiatur Rakhmah (-)
Format: Serial
Bahasa: ind
Terbitan: Yogyakarta: FIP UNY , 2011
Subjects:
Online Access: http://202.162.35.204:8191/opac/DetailOpacBlank.aspx?id=3671
http://202.162.35.204:8191/opac/uploaded_files/sampul_koleksi/original/Monograf/15783.jpg
Summary: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS melalui penggunaan media gambar pada peserta didik kelas IV di SD N 1 Dekao Kec. Kalibawang Kab KP. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Dekso, yang berjumlah 31 anak, terdiri atas 16 putra dan 15 putri. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi dan tes. Tes ini digunakan untuk mengukur prestasi belajar IPS peserta didik kelas IV SD N 1 Dekso. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penggunaan media gambar ini digunakan pada saat guru memberikan penjelasan materi kepada peserta didik dan pada saat peserta didik melakukan diskusi kelompok. Berdasarkan data yang didapat, hasil pnelitian ini menunjukkan peningkatan, pada pelaksanaan pra siklus rata-rata nilainya sebesar 62,51, pada siklus I rata-rat nilainya meningkat menjadi 75,17. Akan tetapi nilai ini belum mencapai target dimana 75% peserta peserta didik belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan oleh guru karena peningkatannya baru mencapai 72,41%. Untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik, diadakan perbaikan pada siklus II. Tindakan perbaikan tersebut meliputi pemberian motivasi dan penguatan kepada peserta didik serta menyiapkan media gambar yang lebih menarik lagi. Pada siklus II rata-rata nilai peserta didik meningkat lagi dari 75,17 menjadi 85,00. Dan pada siklus II ini, nilai rata-rata peserta didik telah mencapai target, yaitu sebanyak 96,67% peserta didik mencapai nilai di atas atau sama dengan 63.
Physical Description: xiv, 113 hlm.: ilus., 30 cm
Bibliography: Bibliografi hlm. 66-67