Analisis Sikap Masyarakat Terhadap Obyek Wisata Pantai Glagah Di Kabupaten Kulon Progo
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh sikap masyarakat yang terdiri dari beberapa komponen yaitu pikiran (X1) yang terdiri dari fakta, pengetahuan, keyakinan; emosi (X2) yang terdiri dari perasaan, motivasi; dan perilaku (X3) yang terdiridari tindakan, target, waktu, kontek...
Main Author: | Dhiawan (-) |
---|---|
Format: | Serial |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Yogyakarta:
STP AMPTA
, 2006
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://202.162.35.204:8191/opac/DetailOpacBlank.aspx?id=6698 http://202.162.35.204:8191/opac/uploaded_files/sampul_koleksi/original/Monograf/12190.jpg |
Summary: |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh sikap masyarakat yang terdiri dari beberapa komponen yaitu pikiran (X1) yang terdiri dari fakta, pengetahuan, keyakinan; emosi (X2) yang terdiri dari perasaan, motivasi; dan perilaku (X3) yang terdiridari tindakan, target, waktu, konteks; menggunakan metode kuantitatif dengan mendeskripsikan permasalahan dan kemudian dianalisa hasilnya. Tempat penelitiannya adalah di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kab KP. Waktu pelaksanaan penelitian direncanakan pada bulan Desember 2005. Populasinya adalah seluruh masyarakat yang tinggal di Desa Glagah yang tersebar di 9 Dusun. Peneliti mengambil 100 orang sebagai sampelnya dan tiap dusun akan diambil sekitar 12 orang. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik angket, dan teknik wawancara. Angket yang akan disebar sebanyak 100 buah terdiri dari 13 pertanyaan setiap angketnya. Untuk mengukur indikator-indikatornya digunakan skala Likert yang terdiri dari 5 pilihan jawaban. Untuk mengukur validitas instrumen yang digunakan adalah dengan korelasi product moment. Untuk penganalisaan data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program komputer yaitu SPSS 10 for Windows. Sebagai besar responden adalah berumur 31-40 tahun, berjenis kelamin perempuan, berprofesi sebagai petani, dan pendidikan terakir adalah SMA. Dari hasil olah data ternyata semua variabel yaitu pikiran (X1), emosi (X2), dan perilaku (X3) mempengaruhi sikap masyarakat (Y) terhadap obyek wisata Pantai Glagah. Persamaan garis regresi yang didapat adalah Y = 3,994 + 0,414 X1 + ),094 X2 + 0,069 X3. Dari persamaan tersebut ternyata variabel pikiran (X1) adalah yang paling dominan mempengaruhi variabel Y karena memiliki nilai koefisien terbesar yaitu 0,414. |
---|---|
Physical Description: |
xiv, 83 hlm.: ilus., 30 cm |
Bibliography: |
Bibliografi |