Hubungan Antara Lingkungan Pondok Pesantren Modern dan Disiplin Belajar dengan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta Tahun Ajaran 2007/2008
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara lingkungan pondok pesantren modern dengan prestasi belajar akuntansi, disiplin belajar dengan prestasi belajar akuntansi, dan lingkungan pondok pesantren modern dan disiplin belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar akuntansi siswa...
Main Author: | Diyah Wulandari (-) |
---|---|
Format: | Serial |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Yogyakarta:
UNY FISE
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://202.162.35.204:8191/opac/DetailOpacBlank.aspx?id=12271 http://202.162.35.204:8191/opac/uploaded_files/sampul_koleksi/original/Monograf/740.jpg |
Summary: |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara lingkungan pondok pesantren modern dengan prestasi belajar akuntansi, disiplin belajar dengan prestasi belajar akuntansi, dan lingkungan pondok pesantren modern dan disiplin belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS MAdrasah Aliyah Negeri Ali Maksum Krapyak Yogyakarta tahun ajaran 2007/2008. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta tahun ajaran 2007/2008 sebanyak 70 siswa. Pengambilan data pada penelitian inin dilakukan dengan metode angket untuk mengukur variabel bebas (lingkungan pondok pesantren modern dan disiplin belajar) dan mengadakan tes prestasi belajar akuntansi untuk mengukur variabel terikat (prestasi belajar Akuntansi). Sebelum dilakukan penelitian, terlebih dahulu diadakan uji coba instrumen pada siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Darul 'Ulum Kulon Progo sebanyak 30 siswa. Uji validitas instrumen dengan teknik analisis product moment, sedangkan koefisien alpha digunakan untuk menguji reliabilitasnya. Sebelum melakukan teknik analisis data, dilakukan uji linieritas dan multikolinieritas. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan korelasi Product Moment dari Pearson sedangkan pengujian hipotesis ketiga menggunakan teknik kerelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan pondok pesantren modern dengan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta tahun ajaran 2007/2008. Hal ini ditunjukkan dengan harga r hitung lebih besar dari harga r tabel (9,752>0,235) dengan n = 70 pada taraf signifikansi 5%. 2. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta tahun ajaran 2007/2008. Hal ini ditunjukkan dengan harga r hitung lebih besar dari harga r tabel (0,650>0,235) dengan n = 70 pada taraf signifikansi 5%. 3. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan pondok pesantren modern dan disiplin ibbelajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar akuntansi. Hal ini ditunjukkan dengan analisis korelasi ganda Ryx1x2 sebesar 0,769 dan diperoleh harga f hitung lebih besar dari harga f tabel (48,441>3,13) dengan n = 70 pada taraf signifikansi 5%. Sumbangan relatif variabel lingkungan pondok pesantren sebesar 72,27% dan variabel disiplin belajar sebesar 27,73%. Sedangkan sumbangan efektif variabel lingkungan pondok pesantren sebesar 72,27% dan variabel disiplin belajar sebesar 27,73%. Sedangkan sumbangan efektif variabel lingkungan pondok pesantren sebesar 42,93% dan variabel disiplin belajar sebesar 16,47%. |
---|---|
Physical Description: |
xiv, 132 hlm.: ilus., 30 cm |
Bibliography: |
Bibliografi hlm.77-78 |