Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi Ilmiah dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan kemampuan komunikasi ilmiah dan prestasi belajar siswa kelas X di SMA N 1 Sentolo pada materi pokok Pencemaran Lingkungan setelah melalui proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini menggunakan rancangan...
Main Author: | Atika Dwi Evitasari (-) |
---|---|
Format: | Serial |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Yogyakarta:
UNY FMIPA
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://202.162.35.204:8191/opac/DetailOpacBlank.aspx?id=4141 http://202.162.35.204:8191/opac/uploaded_files/sampul_koleksi/original/Monograf/9962.jpg |
Summary: |
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan kemampuan komunikasi ilmiah dan prestasi belajar siswa kelas X di SMA N 1 Sentolo pada materi pokok Pencemaran Lingkungan setelah melalui proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu (quasi eksperimen) Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMA N 1 Sentolo Kelas X. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X4 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dipilih dengan teknik random. Variabel bebasnya adalah pembelajaran Biollogi dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan pembelajaran Biologi dengan model konvensional dengan ceramah, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan komunikasi ilmiah dan prestasi belajar siswa yaitu dengan uji Paired Sample T-Test. HAsil penelitian ini telah diperoleh bahwa: Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi ilmiah siswa SMA Negeri 1 Sentolo dalam hal diskusi kelompok dan diskusi kelas. Aspek diskusi kelompok yang memiliki presentase tertinggi hingga terendah berturut-turut adalah bekerjasama dalam diskusi, penyampaian materi persoalan, menghargai pendapat, menyapaikan pendapat, menanggapi pendapat, mengajukan pertanyaan, dan menjawab pertanyaan. Aspek diskusi kelas yang memiliki presentase tertinggi hingga terendah berturut-turut adalah presentasi, mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan dan berpendapat. Dan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar ranah kognitif, C1, C2, C3, dan C4 siswa SMA N 1 Sentolo. |
---|---|
Physical Description: |
xvi, 162 hlm., 30 cm |
Bibliography: |
Bibliografi hlm. 79-81 |