Penggunanaan Model Pembelajaran Active Tipe Talking Pada Mata Pelajaran PKN Materi Kebebasan Berorganisasi Di SD Negeri V Berastagi
Main Author: | Hati, Silvia Tabah; Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate, Medan Sumatera Utara, 20371 |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
, 2020
|
Online Access: |
http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/nizhamiyah/article/view/778 http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/nizhamiyah/article/view/778/605 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi active tipe talking. Dengan strategiini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam proses belajar mengajar, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa di SD N 5 Berastagi Kabupaten Karo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru bidang studi yang bertindak sebagai observer, di mana peneliti melakukan tindakan sebagai guru mata pelajaran PKn. Objek penelitian ini adalah siswa kelas V S N Berastagi Kabupaten Karo Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Data yang dikumpulkan berhubungan dengan kreativitas belajar siswa berupa lembaran observasi dan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa melalui pemberian test. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus melalui Model pembelajaran Activ Tipe Talking Stick.sasaran penelitian ini adalah siswa SD Negri V Berastagi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa : (1) hasil belajar % siswa sebelum dilakukan tindakan mendapat nilai rata rata 67,siswa yang tuntas sebanyak 28,57atau 10 siswa.(2) hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Activ Tipe Talking Stick pada siklus l nilai rata rata 73,2 siswa yang tuntas sebanyak 45,71% atau 16 siswa. (3) hasil belajar siklus ll nilai rata rata meningkat menjadi 87, siswa yang tuntas sebanyak 82,86% atau 29 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Activ Tipe TakingStick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi kebebasan berorganisasi di kelas V SD Negeri V Berastagi tahun pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Active Tipe Talking, Pkn