Penerapan Alat Permainan Edukatif Tangram untuk meningkatkan Kreativitas Anak dalam Mengenal Bentuk Geometri di TKN Pembina Lawe Alas

Main Authors: Rahmi, Putri; UIN Ar-raniry Banda Aceh, Mawaddah, Mawaddah; UIN Ar-raniry Banda Aceh, Fajriah, Heliati; UIN Ar-raniry Banda Aceh, Maisarah, Maisarah; UIN Sumatera Utara Medan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: UIN Sumatera Utara , 2020
Online Access: http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/588
http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/588/501
Daftar Isi:
  • Kreativitas anak belum sepenuhnya berkembang. Hal ini dapat dilihat pada saat proses kegiatan banyak anak yang masih mencontoh dan tidak mau mencoba membuat bentuk lain dari contoh yang telah diberikan oleh gurunya, Untuk mengetahui kreativitas anak melalui penggunaan alat permainan edukatif tangram untuk meningkatkan kreativitas pada anak usia 5-6 tahun di TKN Pembina Lawe Alas Aceh Tenggara, Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun berjumlah 16 anak yang terdiri dari 7 perempuan dan 9 laki-laki. Hasil penelitian menemukan pada tindakan prasiklus 7 anak belum berkembang, 3 anak mulai berkembang, belum ada anak yang berkembang sangat baik. Pada tindakan siklus I anak yang mulai berkembang sebanyak 3 orang, 4 orang berkembang sesuai harapan, dan 3 orang berkembang sangat baik. Pada tindakan siklus II mengalami perkembangan yang sangat baik dari tindakan sebelumnya. Sebanyak 3 anak berkembang sesuai harapan, dan 7 anak berkembang sangat baik.