Penetapan Strategi Penjualan Menggunakan Association Rules dalam Konteks CRM

Main Author: Tama, Bayu Adhi
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Terbitan: UPPM Fakultas Ilmu Komputer UNSRI , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.unsri.ac.id/959/1/7%2DBayu_Adhi_Tama.pdf
http://uppm.ilkom.unsri.ac.id
http://eprints.unsri.ac.id/959/
Daftar Isi:
  • Persaingan usaha telah memaksa perusahaan perdagangan untuk lebih selektif dalam menerapkan strategi pemasarannya. Customer Relationship Management (CRM) hadir sebagai sebagai sebuah solusi. Bagian CRM seperti cross/up selling, product affinity analysis, dan product bundling dapat digunakan sebagai sebuah solusi alternatif. Transaksi penjualan dimungkinkan dapat ditingkatkan melalui penjualan additional products dari produk utama dimana pelanggan telah berkomitmen untuk membelinya. Paper ini akan melakukan analisis terhadap data transaksi penjualan sebuah perusahaan ritel umum yang bergerak di bidang fotografi, fotokopi, medical imaging, printing, dan telekomunikasi yang memiliki variasi produk yang sangat beragam. Keanekaragaman produk ini menghasilkan kemungkinan kombinasi produk yang lebih beragam pula. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penetapan strategi penjualan dengan menggunakan data pada tengah semester pertama, tren penjualan dari masing-masing kombinasi produk pada semester kedua mengalami peningkatan yang signifikan.