Daftar Isi:
  • Teknologi informasi dan komunikasi atau ICT (Information and Communication Technology) telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan global, Penerapan ICT saat ini telah menyebar hampir di semua bidang diantaranya untuk kepentingan pengembangan sitem informasi manajemen seperti dalam bidang perpustakaan, pendidikan, pembelajaran. Sebagai contoh: untuk menunjang pembelajaran teori yang di sampaikan oleh dosen, harus di iringi dengan pembelajaran pratikum di laboratorium dengan menggunakan komputer. Dengan perkembangan ICT sekarang, seharusnya informasi apapun dengan mudah dan didapat, apa lagi informasi tentang kuliah, akademik. Sistem informasi pada laboratorium pada perguruan tinggi masih menggunakan sistem informasi yang belum terintegrasi dengan baik seperti: (1) penjadwalan pratikum yang masih manual, (2) informasi kegiatan di laboratorium yang masih menggunakan papan pengumuman, bahkan sering dijumpai pengumuman di tempel di kaca atau pintu masuk laboraturium, (3) untuk mendapatkan modul yang digunakan untuk pembelajaran pratikum, harus menunggu dosen atau laboran, (3) informasi nilai hasil praktikum yang masih di tempel di papan pengumuman atau di kaca-kaca pintu,(4) informasi dosen atau laboran yang mengajar dan informasi kegiatan laboratorium yang lainnya, sehinga menyebabnya tidak meratanya informasi yang didapat oleh mahasiswa. Dari permasalah itulah, peneliti berusaha untuk mencari solusi, cara atau model baru yang dapat di kolaborasikan dengan ICT sehingga dapat memberikan solusi yang terbaik. Sehingga memunculkan ide untuk mengembangan sebuah sistem yang modelnya sudah terintegrasi kepada semua unit yang ada di laboratorium, seperti: informasi laboratorium, penjadwaln perkuliah, mendowload modul, sistem nilai yang sudah terintegrasi dan dalam penelitian ini akan bahas tentang pre test dan post test.