Pengembangan Intelligent Tutoring System (ITS) Menggunakan Case Based Reasoning (CBR) Sebagai Upaya Inovatif Untuk Pembelajaran Pemrograman Komputer

Main Authors: Jauhari, Jaidan, Abdiansah, Abdiansah
Format: Lainnya NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: Universitas Sriwijaya
Subjects:
Online Access: http://eprints.unsri.ac.id/8363/1/Laporan_Hibah_Bersaing_Jaidan_Jauhari_2012.pdf
http://eprints.unsri.ac.id/8363/2/Laporan_Hibah_Bersaing_Jaidan_Jauhari_2012.pdf
http://eprints.unsri.ac.id/8363/
Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat juga telah merambah bidang pendidikan dan pengajaran. Penggunaan pembelajaran berbasis komputer dalam pembelajaran telah diteliti dan memberikan dampak positif dalam pembelajaran. Salah satu pembelajran berbasis komputer yang saat ini masih terus dikembangkan adalah Intelligent Tutoring System (ITS) yang dikembangkan untuk mengatasi kelemahan pembelajaran berbasis komputer sebelumnya yang belum memperhatikan keberagaman siswa. Pembelajaran pemrograman komputer merupakan salah satu bidang ilmu komputer yang mempelajari bagaimana membuat aplikasi komputer. Untuk dapat menjadi ahli di bidang ini dibutuhkan waktu yang lama dan latihan yang intens, karena teori dan praktik dalam bidang pemrograman komputer. ITS merupakan sebuah aplikasi komputer yang dibuat untuk meniru mimik manusia dalam memberikan materi pengajaran. ITS menggunakan pendekatan one-to-one. ITS merupakan sistem yang cerdas karena memiliki komponen kecerdasan buatan. Salah satu teknik yang dapat dipakai adalah CBR (Case Based Reasoning) yang memberikan teknik penyelesaian masalah menggunakan kasus. CBR dipilih karena tingkat kompleksitas yang rendah dan fleksibelitas saat proses pemecahan masalah. Sampai saat ini telah dapat dilakukan pengumpulan kasus-kasus dan perancangan basisdata serta perancangan antarmuka pemakai, serta implementasi/coding. Ujicoba telah dilakukan terhadap beberapa calon pemakai.