Penerapan Model Pembelajaran Siklus Belajar Hipotetik Deduktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA pada Materi Keseimbangan Benda Tegar

Main Author: Taufiq, Taufiq
Format: BookSection PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Lembaga Penelitian dan FKIP-Universitas Lampung , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.unsri.ac.id/804/1/Siklus_Belajar_Hipotetik_Deduktif_dan_Pemahaman_Konsep.pdf
http://eprints.unsri.ac.id/804/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA melalui penerapan model pembelajaran siklus belajar hipotetik deduktif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi dan instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman konsep, angket skala likert serta lembar observasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA Semester 2 salah satu SMA Negeri yang berada di Kota Palembang pada tahun pelajaran 2008/2009 dan sampel dua kelas diambil secara acak dari tiga kelas. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman konsep keseimbangan benda tegar siswa yang menggunakan model pembelajaran siklus belajar hipotetik deduktif lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, hasil ini di dasarkan pada rata-rata N-Gain penguasaan konsep kelas eksperimen 0,72 (kriteria tinggi) dan kelas kontrol 0,32 (kriteria sedang). Guru dan siswa memberikan tanggapan positif terhadap model pembelajaran siklus belajar hipotetik deduktif pada materi keseimbangan benda tegar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siklus belajar hipotetik deduktif pada materi keseimbangan benda tegar secara signifikan lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan generik sains siswa SMA dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.