EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA KELAS TINGGI BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA CALON GURU SD

Main Authors: Taufiq, Taufiq, Masitoh, Masitoh
Format: BookSection PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Lampung , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.unsri.ac.id/792/1/2._Taufiq.pdf
http://eprints.unsri.ac.id/792/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran IPA berbasiskan multimedia interaktif bagi mahasiswa calon Guru IPA SD, dan membantu mahasiswa meningkatkan keterampilan berpikir kritisnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen kuasi dan instrumen yang digunakan berupa tes keterampilan berpikir kritis dan lembar observasi. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa S-1 PGSD Semester IV FKIP Universitas Sriwijaya yang berjumlah 45 mahasiswa. Berdasarkan perolehan data skor rata-rata tes awal, tes akhir diketahui bahwa skor rata-rata tes awal mahasiswa sebesar 34,75, sementara skor rata-rata tes akhir mahasiswa sebesar 82,05. Hal ini menunjukkan bahwa perolehan skor rata-rata tes awal keterampilan berpikir kritis mahasiswa meningkat. Perolehan rata-rata N-gain untuk kelas eksperimen sebesar 0,75 termasuk kategori tinggi sehingga dapat dikatakan secara analisis N-gain pembelajaran dengan menggunakan multimedia interaktif efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah pembelajaran IPA kelas tinggi. Berdasarkan indikator keterampilan berfikir kritis diperoleh N-gain keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen tertinggi pada indikator Merumuskan alternatif penyelesaian sebesar 0,86 dan terendah pada indikator melaporkan berdasarkan pengamatan sebesar 0,65. Keunggulan dalam penelitian ini antara lain pembalajaran berpusat pada mahasiswa; (2) aktivitas mahasiswa dapat terkontrol dan Kelemahannya beberapa mahasiswa belum terbiasa belajar mandiri dan masih tergantung dengan apa yang diberikan oleh dosen.