Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Memahami Puisi dengan Pendekatan Struktural

Main Author: Nurhayati, Dr
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Terbitan: JPBS-FKIP,LB,PSPB-PPs UNSRI,MLI Cabang UNSRI,Balai Bahasa Palembang , 2001
Subjects:
Online Access: http://eprints.unsri.ac.id/7336/1/Upaya_Meningkatkan_Kemampuan_Siswa_Memahami_Puisi_dengan_Pendekatan_Struktural.pdf
http://eprints.unsri.ac.id/7336/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan siswa kelas II.1 SLTP Negeri 1 Kayu Agung memahami puisi dengan pendekatan struktural. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan sebanyak lima kali pertemuan dengan tiga siklus. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa dari 46 siswa, yang mendapat > 6,5 berjumlah 33 orang atau 71%. Dari segi proses, sudah terlihat keaktifan siswa. Siklus II dapat dikatakan sudah berhasil karena siswa yang mendapat nilai > 6,5 sebanyak 45 orang atau 97,8%. Dari segi proses, siswa terlihat antusias. Karena peneliti merasa belum puas, diadakan siklus III. dari tes akhir siklus III diketahui bahwa siswa yang mendapatkan nilai > 6,5 berjumlah 46 orang atau 100%.