Analisis pemahaman konsep siswa SMA Negeri se-kecamatan Ilir Barat I Palembang pada materi suhu dan kalor dengan instrumen TTCI dan CRI
Main Authors: | Rerrysta, Yolanda, Syuhendri, Syuhendri, Nely, Andriani |
---|---|
Format: | BookSection PeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
FKIP Universitas Sriwijaya
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unsri.ac.id/7307/1/sudah_upload_Artikel_Semnas_Rerrysta_Yolanda_dan_Syuhendri_dan_Nelly_1.pdf http://eprints.unsri.ac.id/7307/ |
Daftar Isi:
- Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui pemahaman konsep, jenis miskonsepsi, dan tingkat miskonsepsi siswa pada materi suhu dan kalor. Penelitian dilakukan pada SMA Negeri se-Kecamatan Ilir Barat I Palembang dengan sampel 94 siswa kelas X yang dipilih dengan teknik probability sampling. Data dikumpulkan dengan instrumen Thermal and Transport Concept Inventory (TTCI) yang dilengkapi Certainty of Response Index (CRI) dan wawancara. Analisis data deskriptif kualitatif digunakan untuk mencari rata-rata CRI dan fraksi jawaban benar dan jawaban salah. Hasil penelitian didapatkan 1) skor pemahaman konsep siswa rendah yaitu sebesar 45,28%, 2) terdapat 45,28% siswa paham konsep, 0% siswa kurang pengetahuan dan 54,72% siswa mengalami miskonsepsi, 3) siswa mengalami miskonsepsi pada seluruh konsep yang diujikan yaitu 32 % pada konsep pemuaian zat, 44% pada konsep perubahan pertambahan panjang terhadap perubahan suhu, 45% pada konsep sifat anomali air, 83% pada konsep perubahan fase, 53% pada konsep laju masukan panas terhadap perubahan suhu, 52% pada konsep suhu yang dibagi sama rata dan 82% pada konsep hubungan kapasitas kalor dengan perubahan suhu. Implikasi penelitian, guru perlu menganalisis pemahaman konsep siswa dan memilih strategi pembelajaran perubahan konseptual yang cocok untuk meningkatkan pemahaman konsep dan meremediasi miskonsepsi siswa.